Saturday 4 April 2015

Warisan obat hebat nenek moyang (JAMU)


 Orang Jawa, Sumatera, kalimantan, sulawesi, Nusa tenggara, dan papua seperti juga di banyak daerah di negeri ini sejak dahulu gemar meracik tumbuhan untuk beragam kegunaan terutamanya kesehatan, pengobatan, dan perawatan tubuh. Mereka mengambil bahan-bahan dari apa yang telah alam sediakan berupa rimpang, dedaunan, kulit, batang dan buah untuk kemudian dijadikan racikan jamu berkhasiat.


Tradisi mengolah sumber alam dari tumbuhan tersebut merupakan kearifan lokal yang telah diwariskan turun-temurun dari nenek moyang dan tetap dipertahankan hingga sekarang. Tidak jarang penjual jamu gendong masih bisa kita lihat di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan kota lainnya.

Jamu terkenal dengan cirikhas dari rasa pahitnya sehingga perlu tambahan campuran jahe dan kayu manis,madu, atau anggur sebagai pemanis. Terkadang jamu ditambahi kuning telur ayam kampung untuk khasiat tertentu.Khasiat jamu sangatlah beragam bergantung pada jenis racikan bahannya.
ada banyak jenis jamu di Indonesia. diantaranya

Jamu beras kencur

Bagi anda yang sering merasa cape, beras kencur adalah jawaban dari warisan budaya kita. karena sangat berkhasiat mengurangi rasa pegal-pegal pada badan. selain itu bagi kalian yang mempunyai jerawat atau ada gejala jerawat, beras kencur mampu mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda.

Jamu kunir asem


Bagi anda yang lagi pengin diet nih, karena kegemukan atau memang berat anda sudah lama gag turun tapi malah nambah terus, jamu kunir asem ini merupakan solusi sehat bagi anda untuk menurunkan beran badan. Bagi nenek moyang kita yang cantik cantik, mereka memilih jamu ini untuk membentuk tubuh yang ideal, tak heran ratu-ratu jaman dahulu, misal ratu roro jonggrang banyak yang naksir, eh. hehehe. Biasanya jamu ini disajikan dingin dengan es batu digelas

Jamu sirih

Umumnya jamu ini sangat digemari oleh ibu ibu yang  sudah melahirkan. karena jamu ini dapat membatu mengencangkan kulit perut, organ intim para ibu-ibu

Jamu paitan
 Jamu yang satu ini mungkin akan menjadi musuh besar bagi lidah anda. Karena rasanya pasti akan sangat pait . Tapi ada pepatah mengatakan don't judge by the cover. Ternyata khasiat jamu ini bisa menurunkan kolestrol. jamu ini cocok bagi anda yang suka dan hobi makan daging. mungkin jamu ini adalah solusi dari langit yang ditemukan nenek moyang kita untuk tetap sehat saat makan daging.

Jamu gepyokan
Jamu gepyokan ini sangat cocok sekali jika disandingkan dengan jamu sirih, karena jamu gepyokan ini akan membantu para ibu-ibu yang sedang menyusui dalam menjaga jumlah volume ASI mereka.
Posted by: Divar
Tiingtong Updated at: here
16:44

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com