Saturday 1 August 2015

Jangan mengkonsumsi suplement berlebihan


Suplemen makanan, yang berbentuk susu atau vitamin yang dikunyah, menjadi andalan para orangtua agar anaknya mau makan makanan bergizi lengkap dan seimbang. Tetapi orangtua harus bijaksana dalam memberi suplemen, karena memakan suplemen yang berlebihan akan berdampak negatif bagi tubuh.

Setiap orang punya kebutuhan yang beda, sehingga pemakaian sup
lemen harus benar-benar berdasarkan gejala apa yang dibutuhkan oleh tubuh. jarang ditemukan kasus kelebihan nutrisi dari satu jenis makanan karena pada umumnya setiap jenis makanan memiliki gizi yang beragam. Gizi pada makanan tidak setinggi dengan yang terdapat dalam suplemen.

Tubuh pada dasarnya mampu mengatur asupan nutrisi pada tubuh kita, saat kita mengalami kekurangan asupan nutrisi, karena di dalam tubuh terdapat suatu mekanisme yang mengatur agar nutrisi dari makanan bisa saling mengimbangi. Sementara, jika anda mengkonsumsi suplemen  dengan dosis yang lebih tinggi, maka zat yang lain akan kalah

Beberapa jenis vitamin yang larut dalam air, seperti vitamin B kompleks dan C akan langsung dibuang oleh tubuh kita, tapi hal ini akan memberi tambahan beban kerja pada ginjal kita. Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K akan ditimbun di dalam tubuh sehingga akan menyebabkan tubuh mengalami kelebihan vitamin, bahkan keracunan.

Gejala yang timbul akibat kelebihan vitamin bisa berbeda-beda. Kasus yang paling banyak ditemui adalah kelebihan vitamin A yang menyebabkan rasa sakit kepala. Bahkan ada yang sampai terkena hipervitaminosis A yang mengakibatkan tekanan di dalam otak meningkat sehingga mampu menimbulkan reaksi kejang atau muntah-muntah.

Untuk mendapatkan kecukupan gizi, lebih disarankan untuk mengkonsumsi beragam jenis makanan sehat yang bervariasi dengan komposisi yang lengkap dan seimbang.
Posted by: Divar
Tiingtong Updated at: here
19:56

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com