Friday 7 March 2014

Bahaya Pola Makan Tidak Teratur

pola makan
           Pola makan yang tidak teratur dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan gangguan-gangguan kesehatan. Dari sisi fisik, mari kita bayangkan sistem digestive (pencernaan) kita seperti mesin pengolahan makanan yang digunakan terus menerus selama 8-10 jam/hari.


          Agar 'mesin' Anda dapat bekerja dengan baik tentu harus mendapat suplai makanan yang teratur, sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan selama mesin itu bekerja. Jika tiba-tiba makanannya berhenti sedangkan 'mesin' terus bergerak, kemungkinan besar 'mesin' tersebut akan mulai menggerus bagian-bagiannya sendiri. Hal ini juga dapat terjadi di dalam lambung
dan usus Anda walau tidak sedramatis perumpamaan mesin karena tubuh manusia dapat menyesuaikan kerja organ sesuai jumlah makanan yang masuk dan dibutuhkan.

          Tidak semua vitamin dan mineral disimpan di dalam tubuh sebagai cadangan. Sebagian besar vitamin yang diperlukan untuk berbagai macam proses metabolisme justru di dapat dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari, contohnya vitamin yang larut dalam air (vitamin B complex dan C). Untuk mineral, jika kita tidak mendapatkan kebutuhan dari makanan, maka kita akan 'melepas' cadangan-cadangan yang ada di dalam tubuh kita padahal biasanya cadangan ini juga sudah ada fungsi lainnya. Misalnya kalsium akan dilepas dari tulang untuk menjaga konsentrasi dalam darah padahal sudah dipakai untuk membentuk tulang-tulang kita.

Cara untuk mengatasi masalah makan tidak teratur ini tentu yang pertama adalah kesadaran dan kemauan dari dalam diri Anda sendiri untuk mau sehat. Jangan dipikirkan dari sisi berat badannya karena kesehatan tidak sama dengan angka timbangan. Mulailah dengan membiasakan makan sesuatu (apa saja) pada saat sarapan, makan siang dan makan malam. Hal ini untuk membiasakan jam biologis dan membangkitkan kembali perasaan 'lapar' yang menjadi alarm alami untuk makan.

Setelah Anda terbiasa dan bisa makan 3 kali sehari, saya sarankan untuk memilih makanan yang bergizi seimbang (tambahkan buah, sayur atau susu misalnya). Mungkin Anda juga bisa memberitahukan kerabat dekat yang Anda percaya mengenai misi Anda ini supaya mereka mengingatkan Anda untuk makan di jam-jam yang sudah Anda tentukan 

Sumber detik.com
Posted by: Divar
Tiingtong Updated at: here
00:57

0 comments:

Post a Comment

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com